Berburu Baju Baru Di Thamrin City

“Baju baru Alhamdulillah, tuk di pakai di hari Raya”

Akrab dengan penggalan lagu diatas? Selain memang disunahkan untuk merias diri di hari raya, mungkin penggalan lagu tersebut yang jadi pemicu kita selalu ingin punya baju baru di hari lebaran, iya ga sih? hahaha

well, ngomongin baju hari raya, para ibu-ibu pasti sudah pasang kuda-kuda untuk belanja baju muslim yang harganya pas di kantong. Beberapa tahun belakangan ini, Thamrin City sudah masuk menjadi kategori mall yang harus di kunjungi untuk “berburu”.  Kenapa? tentunya karena fasilitas yang lebih nyaman. Thamrin City memiliki fasilitas parkir yang memadai, eskalator yang cukup banyak, dan walaupun bejubel dengan banyaknya pembeli AC-nya masih berfungsi, hehehe.  

Jika kalian berminat ke Thamrin City pada hari weekend, sebaiknya datang pada pagi hari, tapi jika kalian datangnya hari minggu, jangan lupa ya ada car free day di areal thamrin, so sebaiknya lewat jalan alternatif. Eits hati-hati kalau lewat areal belakang Thamrin City (karet) di jamin kalian akan stuck sampai ke tanah abang saking macetnya.

nah berikut ini tips-tips berbelanja ke thamrin city :

Ada apa di Thamrin City? Thamrin City dibagi ke dua areal, areal batik dan areal baju muslim. nah karena post ini membahas baju hari Raya, jadi kita akan bahas khusus untuk areal baju muslim.

Untuk areal baju muslim dibagi lagi per-lantai, btw areal baju muslim ini mempengaruhi harga baju yang akan kamu beli. Kalau kalian berburu Gamis Grosiran, dengan kualitas ok, kalian bisa langsung ke lantai dasar 1 (LT D1). Disitu kalian akan nemuin banyak banget baju muslim, yang mirip-mirip dengan harga bersaing.

di Lantai Dasar, ada areal Ladies Market, baju muslimnya mulai beragam, ada yang syar’i ada juga baju muslim modern import dari bangkok, harganya sedikit lebih mahal dari LT D1 tapi menurut saya lebih “manusiawi” mengingat bejubelnya pembeli di lantai bawah lorong-lorong di lantai ini lebih bersih dan lebar.

Naik ke lantai 1, brand-brand “high-end” ala hijabers mulai tertata, ada butiknya OSD, Umi Pipik dll, dinamakan areal dubai street, di areal ini mostly menjual baju ala arab, tapi hati-hati dalam membeli, kalian harus jeli apakah bajunya beneran import arab or di “arab-arab”in. Sebaiknya jika kalian ingin memastikan bahwa bajunya beneran import, soalnya baju di dubai street ini agak pricey, cara memastikan ke asliannya dilihat dari segi panjangnya, orang arab memiliki postur tubuh lebih tinggi dari ukuran tinggi orang indonesia, nah kalau bajunya import asli, biasanya pasti kepanjangan di kita. Eits tapi saya punya tips nya (Thamrin City Hacks) , jika kalian mau beli baju arab lebih murai dari dubai street, coba deh turun satu lantai dari areal paling pinggir dubai street ini (dibawah toko OSD)

Untuk yang berburu jilbab, kalian bisa langsung naik ke lantai 4, suasana lantai 4 ini hampir mirip dengan suasana lantai dasar, bedanya disini kebanyakan menjual jilbab. Segala jenis jilbab ada disini, yang syar’i, jilbab turkey, jilbab instan, macem-macem deh.

Bandingkan harga untuk gamis lokal, jadi kalau ada gamis produksi lokal yang kalian suka, coba untuk membandingkan harga dengan toko lain, trust me, you’ll find the same product with lower price. biar ga lupa untuk balik ke toko yang menjual harga lebih murah, jangan lupa minta kartu namanya, atau foto sign board toko tersebut.

Gunakan bahasa daerah untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kalian jago nawar? tapi coba deh pakai bahasa daerah yang sama dengan penjual, kebanyak penjual berasal dari sumatera barat atau jawa barat, jadi coba deh berbicara dengan bahasa minang ataupun sunda, dijamin harga lebih murah, walaupun cuma seribu rupiah saja, hihihih

Tentukan Meeting Point, jika pergi bersama-sama dengan teman atau keluarga ada baiknya menentukan titik temu, jikalau ada anggota yang terpisah, meeting point sebaiknya di area yang mudah di akses, seperti tempat makan, hall, atau toko yang mudah diingat.

Kalian akan susah nemuin ATM gallery dengan berbagai Bank, ATM terpencar di segala penjuru, walaupun kebanyakan toko sudah memiliki mesin EDC tapi sinyal -nya kurang memadai, sebaiknya kalian sediakan cash secukupnya.

Kalau ke Thamrin City mendekati jam buka puasa, tenang, disini lumayan banyak fasilitas tempat makan, ada foodcourt di lantai 2, ataupun deretan restaurant di mezzanin hall, kalau kalian mau jalan agak jauh ke arah batik, kalian akan nemuin dcost dan bakso atom. or tetep mau belanja, banyak koq abang-abang yang menjajakan makanan sambil berkeliling, ada takjil , gorengan dan nasi bungkus. banyak kan?

Oh ya be wise as a parents please, jangan bawa anak balita di hari ramai (weekend), serius deh kasihan lihatnya, duduk di stroller tapi ketabrak-tabrak.

Bagi kalian yang dari luar kota, ada hotel juga lho di thamrin city!

sekian tips berbelanja di thamrin city, selamat berbelanja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s